Friday, 22 May 2015


BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang
            Kompetensi merupakan perpaduan dari pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. Menurut Muhaimin, kompetensi adalah seperangkat tindakan intelegen penuh tanggung jawab yang harus dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu melaksankan tugas-tugas dalam bidang pekerjaan tertentu. Sifat intelegen harus ditunjukan sebagai kemahiran, ketetapan, dan keberhasilan bertindak. Sifat tanggung jawab harus ditunjukkan sebagai kebenaran tindakan baik dipandang dari sudut ilmu pengetahuan, teknologi maupun etika. kompetensi profesional guru dapat diartikan sebagai kemampuan dan kewenangan guru dalam menjalankan profesi keguruannya. Guru yang kompeten dan profesional adalah guru piawai dalam melaksanakan profesinya.
Guru sebagai agen pembelajaran diharapkan memiliki empat kompetensi. Empat kompetensi tersebut yakni kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan kompetensi profesional. Penulis akan menguraikan secara singkat tentang kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Kompetensi guru adalah kebulatan pengetahuan , keterampilan dan sikap yang berwujud tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran.  Sebagai agen pembelajaran maka guru dituntut untuk kreatif dalam mnenyiapkan metode dan strategi yang cocok untuk kondisi anak didiknya, memilih dan menetukan sebuah metode pembelajaran yang sesuai dengan indikator pembahasan. 
Dengan sertifikasi dan predikat guru profesional yang disandangnya, maka guru harus introspeksi diri apakah saya sudah mengajar sesuai dengan cara-cara seorang guru profesional.  Sebab disadarai atau tidak banyak diantara kita para pendidik belum bisa menjadi guru yang profesional sebagai mana yang diharapkan dengan adanya sertifikasi guru sampai saat ini.  
     
I.2  Rumusan Masalah
1.2.1    Apa saja ndikator dari kompetensi pedagogik ?
1.2.2    Apa saja indicator dari kompetensi profesional ?
1.2.3    Apa saja indikator dari kompetensi Kepribadian ?
1.2.4    Apa saja indikator dari kompetensi sosial ?

i.3 Tujuan
1.3.1    Tujuan Umum
            Seorang guru yang profesional diharapkan mampu memenuhi keempat  indikator kompetensi tersebut.
1.3.2    Tujuan Khusus
a. Mengungkapkan indikator-indikator dari empat kompetensi Guru Profesional
b. Menjelaskan setiap indikator dari keempat kompetensi tersebut
.           c. Memahami  iindikator dari setiap kompetensi Guru Profesional

I.4        Manfaat
Adapun manfaat yang akan didapat dari pembaca didalam makalah ini antara lain :
a.       Pembaca dapat memahami apa saja yang menjadi indikator dari keempat kompetensi seorang guru.
b.      Pembaca dapat menyiapkan diri sedini mungkin untuk memenuhi keempat kompetensi tersebut agar menjadi guru yang professional.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Kompetensi Pedagogik
Kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.  Sub kompetensi dalam kompetensi Pedagogik adalah :
1. Memahami peserta didik secara mendalam yang meliputi memahami peserta didik dengan memamfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif, prinsip-prinsip kepribadian, dan mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik.
2. Merancang pembelajaran, termasuk memahami landasan pendidikan  untuk kepentingan pembelajaran yang meliputi memahmi landasan pendidikan, menerapkan teori belajar dan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.
3. Melaksanakan pembelajaran yang meliputi menata latar ( setting) pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif.
4. Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran yang meliputi merancang dan melaksanakan  evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan denga berbagai metode,menganalisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery level), dan memamfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.
5. Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan  berbagai potensinya meliputi memfasilitasi peserta didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik, dan memfasilitasipeserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi nonakademik.


2.2 Kompetensi Profesional
Adalah penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum matapelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.  Sub kompetensi dalam kompetensi Profesional adalah :
1. Menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi yang meliputi  memahami materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah, memahami struktur, konsep dan metode keilmuan yang menaungi atau koheren dengan materi sjsr, memahami hubungan konsep antar nmata pelajaran terkait, dan menerapkan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menguasai struktur dan metode keilmuan yang meliputi menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk membperdalam pengetahuandan materi bidang studi.
3. Kemampuan merencanakan program belajar mengajar
Sebelum merencanakan belajar mengajar, guru terlebih dahulu mengetahui arti dan tujuan perencanaan tersebut dan menguasai secara teoritis dan praktis unsur-unsur yang terkandung di dalamnya, adapun makna dari perencanaan program belajar mengajar adalah suatu proyeksi atau perkiraan guru mengenai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa selama pengajaran itu berlangsung. Dan tujuannya adalah sebagai pedoman guru dalam melaksanakan praktek atau tindakan mengajar.
           4. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Dalam proses belajar mengajar ini kegiatan yang harus dilaksanakan adalah menumbuhkan dan menciptakan kegiatan siswa-siswa dengan rencana yang telah disusun.
Adapun yang termasuk dalam pengetahuan proses belajar mengajar meliputi prinsip-prinsip mengajar keterampilan hasil belajar siswa, penggunaan alat bantu dan keterampilan-keterampilan memilih dan menggunakan strategi atau pendekatan mengajar. Dan kemampuan ini dapat diperoleh melalui pengalaman langsung.
           5. Memiliki kemampuan proses belajar mengajar.
Dalam menilai kemampuan dan kemajuan proses belajar mengajar guru harus dapat menilai kemajuan yang dicapai oleh siswa yang meliputi bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kemampuan penilaian ini dapat dikatakan dalam dua bentuk yang dilakukan melalui pengamatan terus menerus tentang perubahan kemajuan yang dicapai siswa. Sedangkan penilaian dengan cara pemberian skor, angka atau nilai-nilai yang bisa dilakukan dalam rangka penilaian hasil belajar siswa.
           6. Menguasai bahan pelajaran.
Secara jelas, konsep-konsep yang harus dikuasai oleh guru dalam penguasaan bahan pelajaran ini telah tertuang dalam kurikulum, khususnya Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP) yang disajikan dalam bentuk pokok bahasan dan sub pokok bahasan. Dan uraiannya secara mendalam dituangkan dalam bentuk buku paket dari bidang studi yang bersangkutan.
2.3       Kompetensi Kepribadian
Adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.  Sub kompetensi dalam kompetensi kepribadian meliputi :
1. Kepribadian yang mantap dan stabil meliputi bertindak sesuai dengan norma sosial, bangga menjadi guru, dan memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma.
2. Kepribadian yang dewasa yaitu menampilkan  kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik dan memiliki etod kerja sebagai guru.
3. Kepribadian yang arif adalah menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemamfaatan peserta didik, sekolah dan masyarakat dan menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak.
4. Kepribadian yang berwibawa meliputi memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik dan memiliki perilaku yangh disegani.
5. Berakhlak mulia dan dapat menjadi teladan meliputi bertindak sesuai dengan norma religius (imtaq, jujur, ikhlas, suka menolong) dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik.

2.4 Kompetensi Sosial
adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar sebagai bagian dari masyarakat sekitar seperti :
a. Berkomunikasi lisan dan tulisan
b. menggunakan tekhnologi komunikasi dan informasi secara fungsional
c. bergaul secara efektif degnan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali, peserta didik, dan
d. bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar.
Ada empat pilar pendidikan yang akan membuat manusia semakin maju:
  1. Learning to know (belajar untuk mengetahui), artinya belajar itu harus dapat memahami apa yang dipelajari bukan hanya dihafalkan tetapi harus ada pengertian yang dalam.
  2. Learning to do (belajar, berbuat/melakukan), setelah kita memahami dan mengerti dengan benar apa yang kita pelajari lalu kita melakukannya.
  3. Learning to be (belajar menjadi seseorang). Kita harus mengetahui diri kita sendiri, siapa kita sebenarnya? Untuk apa kita hidup? Dengan demikian kita akan bisa mengendalikan diri dan memiliki kepribadian untuk mau dibentuk lebih baik lagi dan maju dalam bidang pengetahuan.
  4. Learning to live together (belajar hidup bersama). Sejak Tuhan Allah menciptakan manusia, harus disadari bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri tetapi saling membutuhkan seorang dengan yang lainnya, harus ada penolong. Karena itu manusia harus hidup bersama, saling membantu, saling menguatkan, saling menasehati dan saling mengasihi, tentunya saling menghargai dan saling menghormati satu dengan yang lain.



Kode etik Guru dan Dosen
                Kode etik adalah pedoman sikap, tingkah laku, dan perbuatan di dalam melaksanakan tugas dan kehidupan sehari-hari.

Isi Pokok Kode Etik Guru dan Dosen :
1. Kewajiban beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Menjunjung tinggi hukum dan peraturan yang berlaku
3. Mematuhi norma dan etika susila
4.Menghormati kebebasan akademik
5. Melaksanakan tridarma perguruan tinggi
6. Menghormati kebebasan mimbar akademik
7. Mengukuti perkembangan ilmu
8. Mengembangkan sikap obyektif dan universal
9. Mengharagai hasil karya orang lain
10. Menciptakan kehidupan sekolah/kampus yang kondusif
11. Mengutamakan tugas dari kepentingan lain
12. Pelanggaran terhadap kode etik guru dan dosen dapat dikenai sanksi  akademik, administrasi dan moral.












BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
       Kompetensi Pedagogik Kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran.
Adapun indikator yang harus dipenuhi :
1.    memahami peserta didik secara mendalam
2.    merancang pembelajaran
3.    merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran
4.    mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan dirinya
       Kompetensi Profesional Adalah penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum matapelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya. Adapun indikator yang harus dipenuhi adalah :
1.      Menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi
2.      Menguasai struktur dan metode keilmuan
3.      Kemampuan merencanakan program belajar mengajar
4.      Melaksanakan kegiatan belajar mengajar
5.      Memiliki kemampuan proses belajar mengajar
6.      Menguasai bahan pelajaran.
       Kompetensi Kepribadian kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap. Adapun indikator yang harus dipenuhi yaitu :
1. Arif
2. Dewasa
3. Bijaksana
4. Berakhlak Mulia
5. Menjadi teladan bagi peserta didik
6. mengevaluasi kinerja sendiri
7. mengembangkan diri secara berkelanjutan

       Kompetensi Sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Adapun indikator yang harus dipenuhi yaitu :
1. Berkomunikasi lisan dan tulisan
2. menggunakan tekhnologi komunikasi dan informasi secara fungsional
3. bergaul secara efektif degnan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali, peserta didik, dan
4. bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar.
Indikator ini berkaitan erat dengan empat pilar pendidikan dan kode etik Guru dan Dosen.

3.2 Saran
       Setiap tenaga pendidik haruslah bisa memnuhi keempat kompetensi tersebut agar mampu menjadi guru yang profesional. Sehingga kepercayaan peserta didik terhadap profesionalitas kerja seorang tenaga pendidik lebih mantap dan tidak ada keragu-raguan.


Soal Objektif
1.    Apa yang dimaksud dengan kompetensi pedagogik ?
       a.  Kemampuan pemahaman terhadap peserta didik
      b.  Kemampuan pemahaman terhadap diri sendiri
       c. Kemampuan pemahaman terhadap profesi/pekerjaan
       d.  Kemampuan pemahaman terhadap sosial
2.    Dibawah ini disebutkan beberapa kode etik seorang Guru/Dosen yang benar, kecuali ?
       a.  Menjunjung tinggi hukum dan peraturan yang berlaku
      b.  Mendidik siswa dengan kekerasan dan sesuka hati
       c.  Menghormati kebebasan akademik
      d.  Menghormati kebebasan akademik
3.    Apa pengertian dari learning to know ?
       a.  Belajar untuk melakukan
       b.  belajar untuk hidup bersama
       c.  Belajar untuk mengetahui
       d.  Belajar untuk menjadi seseorang
4.    Didalam Kompetensi Sosial, seorang Guru dituntut untuk mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien dengan
       a.  Orang Tua/Wali peserta didik
       b.  Peserta Didik
       c.  Tenaga kependidikan
       d.  a, b, dan c benat
5.    Apa yang dimaksud dengan kode etik ?
       a.  pedoman sikap, tingkah laku, dan perbuatan di dalam melaksanakan tugas dan kehidupan sehari-hari.
       b.  Pemahaman terhadap peserta didik
       c.  Pemahaman terhadap psikologis seseorang
       d.  Pemahaman terhadap tingkah laku anak



Soal Essay
1.    Jelaskan pengertian kompetensi.
2.    Apa saja Indikator dari Kompetensi Kepribadian ?
3.    Coba jelaskan menurut anda jika seorang Guru belum bisa memenuhi indikator dari kompetensi sosial maka apa yang akan terjadi ?
4.    Bisakah seorang Guru disebut Profesional bila mereka belum bisa memenuhi keempat kompetensi tersebut ?
5.    Apa perbedaan antara Kompetensi Pedagogik dengan Kompetensi Profesional ?

Kunci Jawaban Soal Objektif
1.    A
2.    B
3.    C
4.    D
5.    A

DAFTAR PUSTAKA

Madri Antari, Ni Nengah.(Ed).2011.Modul Profesi Pendidikan.Singaraja : Penerbit

Sedanayasa, Gede dan Kadek Suranata.2009.Buku Ajar Dasar-Dasar Bimbingan Konseling.Singaraja : Penerbit

http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2012/01/29/kompetensi-pedagogilk-guru/
diakses tanggal 23  April 2012

diakses tanggal 23 April 2012

edukasi.kompasiana.com/2011/05/14/kompetensi-profesional/
diakses tanggal 24 April 2012

http://www.stt-kharisma.org/index.php?option=com_content&view=article&id=19:kompetensi-sosial-guru&catid=5:artikel-pendidikan&Itemid=16
diakses tanggal 24 April 2012

wawan-junaidi.blogspot.com › PEMBELAJARANPENDIDIKAN

diakses tanggal 24 April 2012

3 comments:

  1. sundul77.com Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya
    sundul77.com Adalah Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88 sundul77 Merupakan Salah Satu Bandar Bola, Bandar Casino, Poker Online Terpercaya IDNSPORT. Kelebihan Bandar Bola Terbesar www.sundul77.com Desain Website Menarik, Live Casino Online 24 Jam Non-Stop Bersama Dealer Eropa & Dealer Asia..
    Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88
    Bolagaming mempunyai tim berpengalaman dalam melayani setiap member yang bergabung di situs judi taruhan bola terbaik ini. Kami menyediakan customer service online 24 jam yang akan menemani anda dan membantu memberikan arahan kepada anda agar mudah saat melakukan pendaftaran. Anda bisa memilih jenis permainan judi taruhan online apa saja sesuai keinginan anda.
    Ayo Bergabung Bersama Situs Judi Taruan Bola Terlengkap Bolagaming
    situs agen bola terbaik,judi casino online,poker uang asli,poker uang asli,agen ibcbet

    ReplyDelete
  2. Resources like the one you mentioned here will live22 login be very useful to me! I will post a link to this page on my blog.

    ReplyDelete
  3. You have some honest ideas here. I done a research on the issue and discovered 918kiss malaysia trusted company most peoples will agree with your blog.

    ReplyDelete

Sample Text

Popular Posts

Recent Posts

SEMOGA BERMANFAAT BUAT PEMBACA

Text Widget