BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Kompetensi merupakan perpaduan dari pengetahuan, keterampilan, nilai dan
sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. Menurut
Muhaimin, kompetensi adalah seperangkat tindakan intelegen penuh tanggung jawab
yang harus dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu melaksankan
tugas-tugas dalam bidang pekerjaan tertentu. Sifat intelegen harus ditunjukan
sebagai kemahiran, ketetapan, dan keberhasilan bertindak. Sifat tanggung jawab
harus ditunjukkan sebagai kebenaran tindakan baik dipandang dari sudut ilmu
pengetahuan, teknologi maupun etika. kompetensi profesional guru dapat
diartikan sebagai kemampuan dan kewenangan guru dalam menjalankan profesi
keguruannya. Guru yang kompeten dan profesional adalah guru piawai dalam
melaksanakan profesinya.
Guru sebagai agen pembelajaran diharapkan
memiliki empat kompetensi. Empat kompetensi tersebut yakni kompetensi
pedagogik, sosial, kepribadian, dan kompetensi profesional. Penulis akan
menguraikan secara singkat tentang kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Kompetensi guru adalah kebulatan
pengetahuan , keterampilan dan sikap yang berwujud tindakan cerdas dan penuh
tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran.
Sebagai agen pembelajaran maka guru dituntut untuk kreatif dalam mnenyiapkan
metode dan strategi yang cocok untuk kondisi anak didiknya, memilih dan
menetukan sebuah metode pembelajaran yang sesuai dengan indikator
pembahasan.
Dengan sertifikasi dan predikat guru
profesional yang disandangnya, maka guru harus introspeksi diri apakah saya
sudah mengajar sesuai dengan cara-cara seorang guru profesional. Sebab
disadarai atau tidak banyak diantara kita para pendidik belum bisa menjadi guru
yang profesional sebagai mana yang diharapkan dengan adanya sertifikasi guru
sampai saat ini.
I.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Apa
saja ndikator dari kompetensi pedagogik ?
1.2.2 Apa
saja indicator dari kompetensi profesional ?
1.2.3 Apa
saja indikator dari kompetensi Kepribadian ?
1.2.4 Apa
saja indikator dari kompetensi sosial ?
i.3
Tujuan
1.3.1 Tujuan
Umum
Seorang guru yang profesional diharapkan mampu
memenuhi keempat indikator kompetensi
tersebut.
1.3.2 Tujuan
Khusus
a. Mengungkapkan
indikator-indikator dari empat kompetensi Guru Profesional
b. Menjelaskan setiap
indikator dari keempat kompetensi tersebut
. c.
Memahami iindikator dari setiap
kompetensi Guru Profesional
I.4 Manfaat
Adapun manfaat yang akan didapat dari pembaca
didalam makalah ini antara lain :
a.
Pembaca
dapat memahami apa saja yang menjadi indikator dari keempat kompetensi seorang
guru.
b.
Pembaca
dapat menyiapkan diri sedini mungkin untuk memenuhi keempat kompetensi tersebut
agar menjadi guru yang professional.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Kompetensi Pedagogik
Kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan
pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta
didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Sub
kompetensi dalam kompetensi Pedagogik adalah :
1. Memahami peserta didik secara
mendalam yang meliputi memahami peserta didik dengan memamfaatkan
prinsip-prinsip perkembangan kognitif, prinsip-prinsip kepribadian, dan
mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik.
2. Merancang pembelajaran, termasuk memahami landasan
pendidikan untuk kepentingan pembelajaran yang meliputi memahmi landasan
pendidikan, menerapkan teori belajar dan pembelajaran, menentukan strategi
pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin
dicapai, dan materi ajar, serta menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan
strategi yang dipilih.
3. Melaksanakan pembelajaran yang
meliputi menata latar ( setting) pembelajaran dan melaksanakan
pembelajaran yang kondusif.
4. Merancang dan melaksanakan
evaluasi pembelajaran yang meliputi merancang dan melaksanakan evaluasi (assessment)
proses dan hasil belajar secara berkesinambungan denga berbagai
metode,menganalisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan
tingkat ketuntasan belajar (mastery level), dan memamfaatkan hasil
penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara
umum.
5. Mengembangkan peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensinya meliputi memfasilitasi peserta
didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik, dan memfasilitasipeserta
didik untuk mengembangkan berbagai potensi nonakademik.
2.2 Kompetensi Profesional
Adalah penguasaan materi
pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi
kurikulum matapelajaran di sekolah dan
substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur
dan metodologi keilmuannya. Sub kompetensi dalam kompetensi Profesional
adalah :
1. Menguasai substansi keilmuan yang
terkait dengan bidang studi yang meliputi memahami materi ajar yang ada
dalam kurikulum sekolah, memahami struktur, konsep dan metode keilmuan yang
menaungi atau koheren dengan materi sjsr, memahami hubungan konsep antar nmata
pelajaran terkait, dan menerapkan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menguasai struktur dan metode
keilmuan yang meliputi menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis
untuk membperdalam pengetahuandan materi bidang studi.
3. Kemampuan merencanakan program belajar
mengajar
Sebelum merencanakan belajar mengajar, guru terlebih
dahulu mengetahui arti dan tujuan perencanaan tersebut dan menguasai secara
teoritis dan praktis unsur-unsur yang terkandung di dalamnya, adapun makna dari
perencanaan program belajar mengajar adalah suatu proyeksi atau perkiraan guru
mengenai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa selama pengajaran itu
berlangsung. Dan tujuannya adalah sebagai pedoman guru dalam melaksanakan praktek
atau tindakan mengajar.
4. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
4. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Dalam
proses belajar mengajar ini kegiatan yang harus dilaksanakan adalah menumbuhkan
dan menciptakan kegiatan siswa-siswa dengan rencana yang telah disusun.
Adapun
yang termasuk dalam pengetahuan proses belajar mengajar meliputi
prinsip-prinsip mengajar keterampilan hasil belajar siswa, penggunaan alat
bantu dan keterampilan-keterampilan memilih dan menggunakan strategi atau
pendekatan mengajar. Dan kemampuan ini dapat diperoleh melalui pengalaman
langsung.
5. Memiliki kemampuan proses belajar mengajar.
5. Memiliki kemampuan proses belajar mengajar.
Dalam
menilai kemampuan dan kemajuan proses belajar mengajar guru harus dapat menilai
kemajuan yang dicapai oleh siswa yang meliputi bidang kognitif, afektif, dan
psikomotorik. Kemampuan penilaian ini dapat dikatakan dalam dua bentuk yang
dilakukan melalui pengamatan terus menerus tentang perubahan kemajuan yang
dicapai siswa. Sedangkan penilaian dengan cara pemberian skor, angka atau
nilai-nilai yang bisa dilakukan dalam rangka penilaian hasil belajar siswa.
6. Menguasai bahan pelajaran.
6. Menguasai bahan pelajaran.
Secara
jelas, konsep-konsep yang harus dikuasai oleh guru dalam penguasaan bahan
pelajaran ini telah tertuang dalam kurikulum, khususnya Garis-garis Besar
Program Pengajaran (GBPP) yang disajikan dalam bentuk pokok bahasan dan sub
pokok bahasan. Dan uraiannya secara mendalam dituangkan dalam bentuk buku paket
dari bidang studi yang bersangkutan.
2.3 Kompetensi
Kepribadian
Adalah kemampuan personal yang
mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa,
menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. Sub kompetensi
dalam kompetensi kepribadian meliputi :
1. Kepribadian yang mantap dan
stabil meliputi bertindak sesuai dengan norma sosial, bangga menjadi guru, dan
memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma.
2. Kepribadian yang dewasa yaitu
menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik dan memiliki
etod kerja sebagai guru.
3. Kepribadian yang arif adalah
menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemamfaatan peserta didik, sekolah
dan masyarakat dan menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak.
4. Kepribadian yang berwibawa
meliputi memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik dan memiliki perilaku
yangh disegani.
5. Berakhlak mulia dan dapat menjadi
teladan meliputi bertindak
sesuai dengan norma religius (imtaq, jujur, ikhlas, suka menolong) dan memiliki
perilaku yang diteladani peserta didik.
2.4 Kompetensi Sosial
adalah kemampuan guru untuk
berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang
tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar sebagai bagian
dari masyarakat sekitar seperti :
a.
Berkomunikasi lisan dan tulisan
b. menggunakan
tekhnologi komunikasi dan informasi secara fungsional
c. bergaul secara efektif degnan peserta didik, sesama
pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali, peserta didik, dan
d. bergaul
secara santun dengan masyarakat sekitar.
Ada empat pilar pendidikan yang akan membuat manusia semakin maju:
- Learning to know (belajar
untuk mengetahui), artinya belajar itu harus dapat memahami apa yang
dipelajari bukan hanya dihafalkan tetapi harus ada pengertian yang dalam.
- Learning to do (belajar,
berbuat/melakukan), setelah kita memahami dan mengerti dengan benar apa
yang kita pelajari lalu kita melakukannya.
- Learning to be (belajar menjadi
seseorang). Kita harus mengetahui diri kita sendiri, siapa kita
sebenarnya? Untuk apa kita hidup? Dengan demikian kita akan bisa
mengendalikan diri dan memiliki kepribadian untuk mau dibentuk lebih baik
lagi dan maju dalam bidang pengetahuan.
- Learning to live together
(belajar hidup bersama). Sejak Tuhan Allah menciptakan manusia, harus
disadari bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri tetapi saling membutuhkan
seorang dengan yang lainnya, harus ada penolong. Karena itu manusia harus
hidup bersama, saling membantu, saling menguatkan, saling menasehati dan
saling mengasihi, tentunya saling menghargai dan saling menghormati satu
dengan yang lain.
Kode etik
Guru dan Dosen
Kode etik adalah pedoman sikap,
tingkah laku, dan perbuatan di dalam melaksanakan tugas dan kehidupan
sehari-hari.
Isi Pokok
Kode Etik Guru dan Dosen :
1.
Kewajiban beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.
Menjunjung tinggi hukum dan peraturan yang berlaku
3.
Mematuhi norma dan etika susila
4.Menghormati
kebebasan akademik
5.
Melaksanakan tridarma perguruan tinggi
6.
Menghormati kebebasan mimbar akademik
7.
Mengukuti perkembangan ilmu
8.
Mengembangkan sikap obyektif dan universal
9.
Mengharagai hasil karya orang lain
10.
Menciptakan kehidupan sekolah/kampus yang kondusif
11.
Mengutamakan tugas dari kepentingan lain
12.
Pelanggaran terhadap kode etik guru dan dosen dapat dikenai sanksi
akademik, administrasi dan moral.
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Kompetensi Pedagogik Kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan
pelaksanaan pembelajaran.
Adapun indikator yang harus dipenuhi :
1. memahami
peserta didik secara mendalam
2. merancang
pembelajaran
3. merancang dan
melaksanakan evaluasi pembelajaran
4. mengembangkan
peserta didik untuk mengaktualisasikan dirinya
Kompetensi
Profesional Adalah
penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup
penguasaan materi kurikulum matapelajaran
di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan
terhadap struktur dan metodologi keilmuannya. Adapun
indikator yang harus dipenuhi adalah :
1.
Menguasai
substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi
2.
Menguasai
struktur dan metode keilmuan
3.
Kemampuan
merencanakan program belajar mengajar
4.
Melaksanakan
kegiatan belajar mengajar
5.
Memiliki
kemampuan proses belajar mengajar
6.
Menguasai
bahan pelajaran.
Kompetensi
Kepribadian kemampuan
personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap. Adapun
indikator yang harus dipenuhi yaitu :
1. Arif
2. Dewasa
3. Bijaksana
4. Berakhlak Mulia
5. Menjadi teladan bagi peserta didik
6. mengevaluasi kinerja sendiri
7. mengembangkan diri secara berkelanjutan
Kompetensi
Sosial adalah kemampuan guru untuk
berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang
tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Adapun
indikator yang harus dipenuhi yaitu :
1. Berkomunikasi lisan dan tulisan
2. menggunakan tekhnologi komunikasi dan informasi secara
fungsional
3. bergaul secara efektif degnan peserta didik, sesama
pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali, peserta didik, dan
4. bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar.
Indikator ini berkaitan erat dengan empat pilar
pendidikan dan kode etik Guru dan Dosen.
3.2 Saran
Setiap
tenaga pendidik haruslah bisa memnuhi keempat kompetensi tersebut agar mampu
menjadi guru yang profesional. Sehingga kepercayaan peserta didik terhadap
profesionalitas kerja seorang tenaga pendidik lebih mantap dan tidak ada
keragu-raguan.
Soal Objektif
1. Apa yang dimaksud dengan kompetensi
pedagogik ?
a. Kemampuan pemahaman terhadap peserta didik
b. Kemampuan pemahaman terhadap diri sendiri
c. Kemampuan
pemahaman terhadap profesi/pekerjaan
d. Kemampuan
pemahaman terhadap sosial
2. Dibawah ini disebutkan beberapa
kode etik seorang Guru/Dosen yang benar, kecuali ?
a. Menjunjung
tinggi hukum dan peraturan yang berlaku
b. Mendidik siswa dengan kekerasan dan sesuka
hati
c. Menghormati
kebebasan akademik
d. Menghormati kebebasan akademik
3. Apa pengertian dari learning to know ?
a. Belajar untuk melakukan
b. belajar untuk hidup bersama
c. Belajar untuk mengetahui
d. Belajar untuk menjadi seseorang
4. Didalam Kompetensi Sosial,
seorang Guru dituntut untuk mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien
dengan
a. Orang Tua/Wali peserta didik
b. Peserta Didik
c. Tenaga kependidikan
d. a, b, dan c benat
5. Apa yang dimaksud dengan kode
etik ?
a. pedoman
sikap, tingkah laku, dan perbuatan di dalam melaksanakan tugas
dan kehidupan sehari-hari.
b. Pemahaman terhadap peserta didik
c. Pemahaman terhadap psikologis seseorang
d. Pemahaman terhadap tingkah laku anak
Soal Essay
1. Jelaskan pengertian kompetensi.
2. Apa saja Indikator dari Kompetensi
Kepribadian ?
3. Coba jelaskan menurut anda jika
seorang Guru belum bisa memenuhi indikator dari kompetensi sosial maka apa yang
akan terjadi ?
4. Bisakah seorang Guru disebut
Profesional bila mereka belum bisa memenuhi keempat kompetensi tersebut ?
5. Apa perbedaan antara Kompetensi
Pedagogik dengan Kompetensi Profesional ?
Kunci Jawaban Soal Objektif
1. A
2. B
3. C
4. D
5. A
DAFTAR PUSTAKA
Madri Antari, Ni Nengah.(Ed).2011.Modul Profesi Pendidikan.Singaraja : Penerbit
Sedanayasa, Gede dan Kadek Suranata.2009.Buku Ajar Dasar-Dasar Bimbingan Konseling.Singaraja
: Penerbit
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2012/01/29/kompetensi-pedagogilk-guru/
diakses tanggal
23 April 2012
diakses tanggal 23
April 2012
edukasi.kompasiana.com/2011/05/14/kompetensi-profesional/
diakses tanggal 24 April 2012
http://www.stt-kharisma.org/index.php?option=com_content&view=article&id=19:kompetensi-sosial-guru&catid=5:artikel-pendidikan&Itemid=16
diakses tanggal 24 April 2012
diakses tanggal 24 April 2012
sundul77.com Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya
ReplyDeletesundul77.com Adalah Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88 sundul77 Merupakan Salah Satu Bandar Bola, Bandar Casino, Poker Online Terpercaya IDNSPORT. Kelebihan Bandar Bola Terbesar www.sundul77.com Desain Website Menarik, Live Casino Online 24 Jam Non-Stop Bersama Dealer Eropa & Dealer Asia..
Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88
Bolagaming mempunyai tim berpengalaman dalam melayani setiap member yang bergabung di situs judi taruhan bola terbaik ini. Kami menyediakan customer service online 24 jam yang akan menemani anda dan membantu memberikan arahan kepada anda agar mudah saat melakukan pendaftaran. Anda bisa memilih jenis permainan judi taruhan online apa saja sesuai keinginan anda.
Ayo Bergabung Bersama Situs Judi Taruan Bola Terlengkap Bolagaming
situs agen bola terbaik,judi casino online,poker uang asli,poker uang asli,agen ibcbet
Resources like the one you mentioned here will live22 login be very useful to me! I will post a link to this page on my blog.
ReplyDeleteYou have some honest ideas here. I done a research on the issue and discovered 918kiss malaysia trusted company most peoples will agree with your blog.
ReplyDelete