Saturday, 28 November 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMK Negeri 1 Seririt
Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester            : X / I (Ganjil)
Materi Pokok              : Senam Lantai
Waktu                         : 4 x 45 menit.(2 x pertemuan)

I.             Standar Kompetensi
Memperhatikan rangkaian senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
II.          Kompetensi Dasar
      Memperhatikan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nialai percaya diri, kerja sama dan tanggung jawab.
III.       Indikator
1.      Melakukan gerakan guling lenting.
2.      Melakukan gerakan kayang.
3.      Melakukan sikap lilin.
4.      Melakukan berdiri dengan kepala.
5.      Melakukan nberdiri dengan kedua tangan.
IV. Tujuan Pembelajaran.
1.      Siswa dapat melakukan gerakan guling lenting.
2.      Seswa dapat melakukan gerakan kayang.
3.      Siswa dapat melakukan sikap lilin.
4.      Siswa dapat melakukan berdiri dengan kepala.
5.      Seswa dapat melakukan nberdiri dengan kedua tangan.
V.    Materi Pembelajaran.
1.      Guling Depan (Forward Roll)
Guling depan adalah guling yang dilakukan ke depan. Adapun langkah-langkah untuk  melakukan guling ke depan adalah sebagai berikut.
a.       Berdiri tegak, kedua tangan lurus di samping badan.
b.      Angkat kedua tangan ke depan, bungkukkan badan, letakkan kedua telapak tangan di atas  matras
c.       Siku ke samping, masukkan kepala di antara dua tangan.
d.      Sentuhkan bahu ke matras.
e.       Bergulinglah ke depan.
f.       Lipat kedua lutut, tarik dagu dan lutut ke dada dengan posisi tangan merangkul lutut.
g.      Sikap akhir guling depan adalah jongkok kemudian berdiri tegak.







2.      Guling Belakang (Backward Roll)
Langkah_langkah guling belakang bulat yaitu sebagai berikut.
a.       Jongkok, tekuk kedua siku tangan menghadap ke atas di dekat telinga, dagu dan lutut tarik  ke dada.
b.      Guling badan ke belakang hingga bahu menyentuh matras, lutut dan dagu tetap  mendekat dada, telapak tangan di dekat telinga.
c.       Bahu menyentuh matras, kedua telapak tangan menyentuh matras, gerakkan kaki untuk dijatuhkan ke belakang kepala.
d.      Jatuhkan ujung kaki ke belakang kepala.
e.       Dorong lengan ke atas.
f.       Jongkok dengan lengan lurus ke depan. 
3.      Gerakan Lenting
Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan lenting tengkuk adalah sebagai berikut:
a.       Sikap Awal
Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua lengan diangkat lurus ke atas. Sambil membungkukkan badan, tetakkan kediua tangan di matras kira-kira satu langkah dari kaki. Setelah itu letakkan tengkuk di antara kedua tangan sambil mengambil sikap guling depan. Kedua kaki dijaga agar tetap lurus.
b.      Pelaksanaan
Ketika posisi guling depan tercapai, segeralah mengguling ke depan. Saat tubuh sudah berada di atas kepala, kedua kaki segera dilecutkan lurus ke depan sambil dibantu oleh kedua tangan yang mendorong badan dengan menekan matras. Lecutan ini meyebabkan badan melenting 
c.       Sikap Akhir
Ketika  kedua kaki segera mendatar. Badan tetap melenting dan kedua lengan tetap terangkat lurus. Akhirnya , berdiri tegak.
4.      Sikap Kayang
Caranya adalah sikap berdiri membelakangi matras dengan kedua kaki agak dibuka dan kedua  tangan diayunkan ke belakang, ke atas secara perlahan hingga kedua telapak tangan menempel pada matras. Kemudian secara perlahan berdiri tegak.
5.      Sikap Lilin
Sikap lilin adalah tidur terlentang, dengan dilanjutkan mengangkat kedua kaki lurus ke atas (rapat) bersama-sama. Pinggang ditopang oleh kedua tangan, sedangkan pundak tetap menempel pada lantai.

VI. Pendekatan/ Metode Pembelajaran.
a.   Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan pengajaran kooperatif stad
b.   Metode yang dipergunakan : Metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan penampilan.
VII. Langkah-langkah pembelajaran.
       Pertemuan I
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu



1
















2













































Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
a. Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
Kegiatan Pendahuluan (Pola P-A-L-T-P)
v  Berdoa dan Presensi
v  Apersepsi (menghubungkan materi pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa)
1.    Pernahkah kalian melakukan senam lantai?
v  Menyampaikan ruang Lingkup senam lantai
v  Menyampaikan Tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa
v  Pemanasan terkait materi pembelajaran, dilakukan oleh siswa secara berkelompok. Pemanasan statis dan dinamis,  juga dilakukan dengan permainan tradisional hijau-hitam

Kegiatan Inti
a. Proses Eksplorasi
    Untuk dapat melakukan kegiatan ini dengan baik dan benar, maka :
-          Diawal pertemuan guru memberikan  informasi terkait materi pelajaran Dan siswa memahami apa yang telah disampaikan guru.
-          Guru menyuruh siswa benar-benar memperhatikan penjelasan mengenai materi yang disampaikan.
-          Guru membagi siswa menjadi 10 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 orang.

b. Proses Elaborasi
-          Siswa di masing-masing kelompok saling berdiskusi mengenai materi yang telah disampaikan guru.
-          Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti seputar materi kepada guru.
-          Guru memberikan kesempatan kepada kelompok siswa untuk mendemostrasikan ketrampilan senam lantai dan guru sebagai fasilitator agar dapat mengamati siswa dalam melaksanakan pembelajaran.
-          Guru mengevalusai kegiatan pembelajaran yang dilakukan masing-masing kelompok.
c. Konfirmasi
1.      Memberikan Feedback (kebenaran ketrampilan senam lantai serta kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran)

Siklus dapat diulang apabila masih ada siswa yang belum memenuhi kreteria ketuntasan minimal (KKM)
  • Konstruksi nilai-nilai olahraga : kerjasama, kejujuran, dan percaya diri

Kegiatan Penutup
Kegiatan Penutup (Pola P-R-E-A-L)
  • Pendinginan ( rekreasi)
  • Refleksi (kesimpulan)  Pengalaman Belajar Siswa
  • Evaluasi Umum terhadap proses dan hasil belajar siswa (pengetahuan, sikap, dan ketrampilan)
  • Apresiasi (memberikan penghargaan atas hasil kerja siswa, baik kelompok maupun individu)
Tindak Lanjut (pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan pembelajaran berikutnya)
15  menit
















60  menit

































15  menit












Pertemuan II
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu



1
















2













































Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
a. Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
Kegiatan Pendahuluan (Pola P-A-L-T-P)
v  Berdoa dan Presensi
v  Apersepsi (menghubungkan materi pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa)
1.      Pernahkah kalian melakukan senam lantai?
v  Menyampaikan ruang Lingkup materi senam lantai.
v  Menyampaikan Tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa
v  Pemanasan terkait materi pembelajaran, dilakukan oleh siswa secara berkelompok. Pemanasan statis dan dinamis,  juga dilakukan dengan permainan tradisional hijau-hitam

Kegiatan Inti
a. Proses Eksplorasi
    Untuk dapat melakukan kegiatan ini dengan baik dan benar, maka :
-          Diawal pertemuan guru memberikan  informasi terkait materi pelajaran Dan siswa memahami apa yang telah disampaikan guru.
-          Guru menyuruh siswa benar-benar memperhatikan penjelasan mengenai materi yang disampaikan.
-          Guru membagi siswa menjadi 10 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 orang.

b. Proses Elaborasi
-          Siswa di masing-masing kelompok saling berdiskusi mengenai materi yang telah disampaikan guru.
-          Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti seputar materi kepada guru.
-          Guru memberikan kesempatan kepada kelompok siswa untuk mendemostrasikan ketrampilan senam lantai dan guru sebagai fasilitator agar dapat mengamati siswa dalam melaksanakan pembelajaran.
-          Guru mengevalusai kegiatan pembelajaran yang dilakukan masing-masing kelompok.
c. Konfirmasi
2.      Memberikan Feedback (kebenaran ketrampilan senam lantai serta kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran)

Siklus dapat diulang apabila masih ada siswa yang belum memenuhi kreteria ketuntasan minimal (KKM)
  • Konstruksi nilai-nilai olahraga : kerjasama, kejujuran, dan percaya diri

Kegiatan Penutup
Kegiatan Penutup (Pola P-R-E-A-L)
  • Pendinginan ( rekreasi)
  • Refleksi (kesimpulan)  Pengalaman Belajar Siswa
  • Evaluasi Umum terhadap proses dan hasil belajar siswa (pengetahuan, sikap, dan ketrampilan)
  • Apresiasi (memberikan penghargaan atas hasil kerja siswa, baik kelompok maupun individu)
Tindak Lanjut (pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan pembelajaran berikutnya)
15  menit
















60  menit

































15  menit












1.               Alat / Bahan / Sumber Belajar :
      Alat / Bahan :
      Stop watch, peluit,i, lapangan, matras
      Sumber :
                  1.            Buku Pendidikan Jasmani, muhajir 2006 kelas X
                  2.            LKS pendidikan jasmani,untuk kelas X A, penerbit Dwijaya Pustaka .

2.                  Penilaian
1.      Penilaian aspek kognitif (N1)
Penilain aspek kognitif dilaksanakan dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk isian sesuai dengan materi pembelajaran. Setiap pertanyaan mempunyai bobot 5, bobot penilaian aspek kognitif adalah 20. Skor maksimal 10.

Daftar pertanyaan
1.       Sebutkan teknik roll depan dengan benar?
Jawaban :
1. Teknik roll depan adalah:
a)      Gerakan senam lantai roll depan dapat anda awali dengan sikap jongkok dengan kedua tangan menumpu pada matras selebar bahu
b)      Kedua kaki anda luruskan, siku ditekuk, kepala dilipat hingga dagu menyentuh dada
c)      Lakukan gerakan menggulingkan badan ke depan dengan mendaratkan tengkuk terlebih dahulu dan kedua kaki anda dilipat rapat pada dada
d)     Kedua tangan melemaskan tumpuan dari matras, pegang mata kaki dan kemudian berusaha bangun.
e)      Sikap akhir dari roll depan adalah tubuh berdiri seperti semula



                                                             Jumlah skor yang diperoleh siswa
                        Penilaian kognitif =                                                                 X 100                                                          Jumlah skor maksimal

2.      Penilaian aspek afektif (N2)
Penilaian aspek afektif yang dilakukan oleh guru dan siswa didasarkan pada prilaku yang ditunjukkan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar pengamatan.Skor maksimal adalah 9. Bobot penilaian afektif adalah 20.

Lembar pengamatan Aspek Afektif/prilaku siswa selama pembelajaran.
Petunjuk : Berikanlah angka 1- 3*) pada kolom sikap yang diamati, skor sesuai sikap yang ditunjuk oleh siswa selama proses pembelajaran.

No
Nama Siswa
Sikap yang Diamati
Jumlah Skor
Kerjasama
kejujuran
Percaya diri
1
2
3
1
2
3
1
2
3

1











2












*) 1. Kurang               2. Cukup                     3. Baik            

                                                               Jumlah skor yang diperoleh siswa
            Penilaian Afektif (N2)   =                                                                    X 100
                                                                        Jumlah skor maksimal

3.      Penilaian aspek psikomotor (N3)
Penilaian aspek psikomotor yang dilakukan oleh guru dan siswa didasarkan pada unjuk kerja/gerak yang ditunjukkan siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan rubik penilaian. Skor maksimal 16.  Bobot penilaian psikomotor 50.
Rubik Penilaian Aspek Psikomotor
Unjuk Kerja demonstrasi  senam lantai
No
Nama siswa
Penilaian
Awalan
Tolakan
Sikap mendarat
1










Total


Jumlah skor maksimal : 16

            Keterangan :    Awalan                        4
                                    Tolakan                       8
            Sikap mendarat           4
            Total               16


Jumlah skor yang diperoleh siswa
Penilaian psikomotor  (N3) =                                                               X 100
                        Jumlah skor maksimal

Nilai Akhir yang diperoleh siswa :
Kognitif (N1) + Afektif (N2) + Psikomotor (N3)



Mengetahui/Menyetujui,                                  Seririt, 24 September 2015
Guru penjasorkes                                              Mahasiswa Praktek                                                                                                                                          


IB. Wahyu Permana. S.Or                            I Wayan Kusuma Jaya                    
NIP. 19780920 200312 1 005                          NIM. 1216011163

Mengetahui/Menyetujui,                                  Mengetahui/Menyetujui,
Dosen Pembimbing                                          Kepala SMK N 1 Seririt
           


I Made Satyawan, S.Pd, M.Pd                      Nyoman Ardika. S.Pd. M.Pd                   
NIP. 198206062008212002                              NIP.19620925 198401 1 001



 

0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Popular Posts

Recent Posts

SEMOGA BERMANFAAT BUAT PEMBACA

Text Widget