RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Seririt
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Kelas/Semester : X / I (Ganjil)
Materi Pokok : Senam Lantai
Waktu : 4 x 45 menit.(2 x pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
Memperhatikan rangkaian
senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
II.
Kompetensi
Dasar
Memperhatikan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nialai
percaya diri, kerja sama dan tanggung jawab.
III.
Indikator
1.
Melakukan gerakan guling lenting.
2.
Melakukan gerakan kayang.
3.
Melakukan sikap lilin.
4.
Melakukan berdiri dengan kepala.
5.
Melakukan nberdiri dengan kedua tangan.
IV.
Tujuan
Pembelajaran.
1.
Siswa dapat melakukan gerakan guling lenting.
2.
Seswa dapat melakukan gerakan kayang.
3.
Siswa dapat melakukan sikap lilin.
4.
Siswa dapat melakukan berdiri dengan kepala.
5.
Seswa dapat melakukan nberdiri dengan kedua tangan.
V. Materi Pembelajaran.
1.
Guling Depan (Forward Roll)
Guling depan adalah guling yang dilakukan ke depan. Adapun
langkah-langkah untuk melakukan guling ke depan adalah sebagai
berikut.
a.
Berdiri tegak, kedua tangan lurus di samping badan.
b.
Angkat kedua tangan ke depan, bungkukkan badan,
letakkan kedua telapak tangan di atas matras
c.
Siku ke samping, masukkan kepala di antara dua tangan.
d.
Sentuhkan bahu ke matras.
e.
Bergulinglah ke depan.
f.
Lipat kedua lutut, tarik dagu dan lutut ke dada dengan
posisi tangan merangkul lutut.
g.
Sikap akhir guling depan adalah jongkok kemudian
berdiri tegak.
2. Guling Belakang (Backward Roll)
Langkah_langkah guling belakang bulat yaitu sebagai
berikut.
a. Jongkok, tekuk kedua siku tangan
menghadap ke atas di dekat telinga, dagu dan lutut tarik ke dada.
b. Guling badan ke belakang hingga
bahu menyentuh matras, lutut dan dagu tetap mendekat dada, telapak tangan di dekat
telinga.
c. Bahu menyentuh matras, kedua
telapak tangan menyentuh matras, gerakkan kaki untuk dijatuhkan ke belakang
kepala.
d. Jatuhkan ujung kaki ke belakang
kepala.
e. Dorong lengan ke atas.
f. Jongkok dengan lengan lurus ke
depan.
3. Gerakan Lenting
Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika
melakukan lenting tengkuk adalah sebagai berikut:
a. Sikap Awal
Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua
lengan diangkat lurus ke atas. Sambil membungkukkan badan, tetakkan kediua
tangan di matras kira-kira satu langkah dari kaki. Setelah itu letakkan tengkuk
di antara kedua tangan sambil mengambil sikap guling depan. Kedua kaki dijaga
agar tetap lurus.
b. Pelaksanaan
Ketika posisi guling depan tercapai, segeralah
mengguling ke depan. Saat tubuh sudah berada di atas kepala, kedua kaki segera
dilecutkan lurus ke depan sambil dibantu oleh kedua tangan yang mendorong badan
dengan menekan matras. Lecutan ini meyebabkan badan melenting
c. Sikap Akhir
Ketika kedua kaki segera mendatar. Badan tetap
melenting dan kedua lengan tetap terangkat lurus. Akhirnya , berdiri tegak.
4. Sikap Kayang
Caranya adalah sikap berdiri membelakangi matras
dengan kedua kaki agak dibuka dan kedua tangan diayunkan ke belakang, ke
atas secara perlahan hingga kedua telapak tangan menempel pada matras. Kemudian
secara perlahan berdiri tegak.
5. Sikap Lilin
Sikap lilin adalah tidur terlentang, dengan
dilanjutkan mengangkat kedua kaki lurus ke atas (rapat) bersama-sama. Pinggang
ditopang oleh kedua tangan, sedangkan pundak tetap menempel pada lantai.
VI. Pendekatan/ Metode Pembelajaran.
a. Pendekatan
pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan pengajaran kooperatif stad
b. Metode
yang dipergunakan : Metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan penampilan.
VII. Langkah-langkah pembelajaran.
Pertemuan I
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
|
|
1
2
|
Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
a. Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
Kegiatan
Pendahuluan (Pola P-A-L-T-P)
v Berdoa
dan Presensi
v Apersepsi (menghubungkan
materi pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa)
1.
Pernahkah kalian melakukan senam lantai?
v Menyampaikan
ruang Lingkup senam lantai
v Menyampaikan
Tujuan pembelajaran dan memotivasi
siswa
v Pemanasan terkait
materi pembelajaran, dilakukan oleh siswa secara berkelompok. Pemanasan
statis dan dinamis, juga dilakukan
dengan permainan tradisional hijau-hitam
Kegiatan
Inti
a. Proses Eksplorasi
Untuk dapat melakukan
kegiatan ini dengan baik dan benar, maka :
-
Diawal pertemuan guru
memberikan informasi terkait materi
pelajaran Dan siswa memahami apa yang telah disampaikan guru.
-
Guru menyuruh siswa benar-benar memperhatikan penjelasan mengenai materi
yang disampaikan.
-
Guru
membagi siswa menjadi 10 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 orang.
b. Proses Elaborasi
-
Siswa di masing-masing kelompok saling
berdiskusi mengenai materi yang telah disampaikan guru.
-
Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
seputar materi kepada guru.
-
Guru memberikan kesempatan kepada kelompok
siswa untuk mendemostrasikan ketrampilan senam
lantai dan guru sebagai fasilitator agar dapat mengamati siswa dalam
melaksanakan pembelajaran.
-
Guru mengevalusai kegiatan pembelajaran yang
dilakukan masing-masing kelompok.
c. Konfirmasi
1.
Memberikan Feedback
(kebenaran ketrampilan senam lantai serta
kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran)
Siklus dapat diulang apabila masih ada siswa yang
belum memenuhi kreteria ketuntasan minimal (KKM)
Kegiatan Penutup
Kegiatan
Penutup (Pola P-R-E-A-L)
Tindak Lanjut (pembiasaan dalam kehidupan
sehari-hari dan kegiatan pembelajaran berikutnya)
|
15 menit
60 menit
15 menit
|
|
|
Pertemuan II
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
|
|
1
2
|
Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
a. Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
Kegiatan Pendahuluan
(Pola P-A-L-T-P)
v Berdoa
dan Presensi
v Apersepsi (menghubungkan
materi pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa)
1. Pernahkah
kalian melakukan senam lantai?
v Menyampaikan
ruang Lingkup materi senam lantai.
v Menyampaikan
Tujuan pembelajaran dan memotivasi
siswa
v Pemanasan terkait
materi pembelajaran, dilakukan oleh siswa secara berkelompok. Pemanasan
statis dan dinamis, juga dilakukan
dengan permainan tradisional hijau-hitam
Kegiatan Inti
a. Proses Eksplorasi
Untuk dapat melakukan
kegiatan ini dengan baik dan benar, maka :
-
Diawal pertemuan guru
memberikan informasi terkait materi
pelajaran Dan siswa memahami apa yang telah disampaikan guru.
-
Guru menyuruh siswa benar-benar memperhatikan penjelasan mengenai
materi yang disampaikan.
-
Guru
membagi siswa menjadi 10 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 orang.
b. Proses Elaborasi
-
Siswa di masing-masing kelompok saling
berdiskusi mengenai materi yang telah disampaikan guru.
-
Siswa menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti seputar materi kepada guru.
-
Guru memberikan kesempatan kepada kelompok
siswa untuk mendemostrasikan ketrampilan
senam lantai dan guru sebagai fasilitator agar dapat mengamati siswa dalam
melaksanakan pembelajaran.
-
Guru mengevalusai kegiatan pembelajaran yang
dilakukan masing-masing kelompok.
c. Konfirmasi
2. Memberikan
Feedback (kebenaran ketrampilan senam lantai serta
kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran)
Siklus dapat diulang apabila masih ada siswa yang
belum memenuhi kreteria ketuntasan minimal (KKM)
Kegiatan Penutup
Kegiatan
Penutup (Pola P-R-E-A-L)
Tindak Lanjut (pembiasaan dalam kehidupan
sehari-hari dan kegiatan pembelajaran berikutnya)
|
15 menit
60 menit
15 menit
|
|
|
1.
Alat
/ Bahan / Sumber Belajar :
Alat / Bahan :
Stop watch, peluit,i, lapangan, matras
Sumber :
1.
Buku Pendidikan Jasmani, muhajir 2006 kelas X
2.
LKS pendidikan jasmani,untuk kelas X A, penerbit
Dwijaya Pustaka .
2.
Penilaian
1.
Penilaian
aspek kognitif (N1)
Penilain aspek kognitif dilaksanakan dengan cara
memberikan pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk isian sesuai dengan materi
pembelajaran. Setiap pertanyaan mempunyai bobot 5, bobot penilaian aspek
kognitif adalah 20. Skor maksimal 10.
Daftar pertanyaan
1. Sebutkan
teknik roll depan dengan benar?
Jawaban :
1. Teknik
roll depan adalah:
a) Gerakan
senam lantai roll depan dapat anda awali dengan sikap jongkok dengan kedua
tangan menumpu pada matras selebar bahu
b) Kedua
kaki anda luruskan, siku ditekuk, kepala dilipat hingga dagu menyentuh dada
c) Lakukan
gerakan menggulingkan badan ke depan dengan mendaratkan tengkuk terlebih dahulu
dan kedua kaki anda dilipat rapat pada dada
d) Kedua
tangan melemaskan tumpuan dari matras, pegang mata kaki dan kemudian berusaha
bangun.
e) Sikap
akhir dari roll depan adalah tubuh berdiri seperti semula
Jumlah skor yang diperoleh siswa
Penilaian
kognitif = X
100 Jumlah skor maksimal
2.
Penilaian
aspek afektif (N2)
Penilaian aspek afektif yang dilakukan oleh guru dan
siswa didasarkan pada prilaku yang ditunjukkan siswa selama proses pembelajaran
dengan menggunakan lembar pengamatan.Skor maksimal adalah 9. Bobot penilaian
afektif adalah 20.
Lembar pengamatan
Aspek Afektif/prilaku siswa selama pembelajaran.
Petunjuk : Berikanlah angka 1- 3*) pada kolom sikap
yang diamati, skor sesuai sikap yang ditunjuk oleh siswa selama proses
pembelajaran.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap yang Diamati
|
Jumlah Skor
|
||||||||
Kerjasama
|
kejujuran
|
Percaya diri
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) 1. Kurang 2.
Cukup 3. Baik
Jumlah skor yang diperoleh siswa
Penilaian
Afektif (N2) = X
100
Jumlah skor maksimal
3.
Penilaian
aspek psikomotor (N3)
Penilaian aspek psikomotor yang dilakukan oleh guru
dan siswa didasarkan pada unjuk kerja/gerak yang ditunjukkan siswa selama
proses pembelajaran sesuai dengan rubik penilaian. Skor maksimal 16. Bobot penilaian psikomotor 50.
Rubik
Penilaian Aspek Psikomotor
Unjuk Kerja
demonstrasi senam lantai
No
|
Nama
siswa
|
Penilaian
|
||
Awalan
|
Tolakan
|
Sikap
mendarat
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
||
|
Jumlah skor maksimal : 16
|
|
Keterangan
: Awalan 4
Tolakan
8
Sikap
mendarat 4
Total 16
Jumlah skor yang diperoleh siswa
Penilaian psikomotor (N3) = X 100
Jumlah
skor maksimal
Nilai Akhir
yang diperoleh siswa :
Kognitif (N1)
+ Afektif (N2) + Psikomotor (N3)
Mengetahui/Menyetujui, Seririt, 24 September 2015
Guru penjasorkes Mahasiswa Praktek
IB. Wahyu Permana. S.Or I Wayan Kusuma Jaya
NIP. 19780920 200312 1 005 NIM. 1216011163
Mengetahui/Menyetujui, Mengetahui/Menyetujui,
Dosen Pembimbing Kepala
SMK N 1 Seririt
I Made Satyawan, S.Pd, M.Pd Nyoman Ardika. S.Pd. M.Pd
NIP. 198206062008212002 NIP.19620925 198401 1 001
0 komentar:
Post a Comment