Saturday, 28 November 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMK Negeri 1 Seririt
Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester            : X / I (Ganjil)
Materi Pokok              : Lompat Jauh
Waktu                         : 4 x 45 menit.(2 x pertemuan )

I.             Standar Kompetensi
Mempraktikkan berbagai keterampilan permaianan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
II.          Kompetensi Dasar
      Memperhatikan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.
III.       Indikator
1.      Melakukan teknik lompat jauh gaya jongkok
2.      Melakukan teknik lompat jauh gaya menggantung.
3.      Melakukan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara.
IV. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat melakukan teknik lompat jauh gaya jongkok
2.      Siswa dapat melakukan teknik lompat jauh gaya menggantung.
3.      Siswa dapat melakukan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara.
V.    Materi Pembelajaran
A.    Lompat Jauh Gaya Jongkok (Gaya Orthodok)
Awalan
1.      Berfungsi untuk mendapatkan kecepatan pada waktu akan melompat.
2.      Dilakukan dengan lari secepat-cepatnya dari jarak 40-45 m pada sebuah lintasan.
3.      Tidak diperkenankan untuk merubah kecepatan dan langkah saat akan menolak pada papan tumpuan.
Tolakan
1.      Merupakan upaya pelompat melakukan tolakan pada papan tumpuan menggunakan kaki yang terkuat dengan mengubah kecepatan horizontal ke kecepatan vertikal.
2.      Saat kaki melakukan tolakan, posisi badan lebih ditegakkan, dan kaki belakang serta kedua lengan diayunkan ke depan atas.
3.      Urutan tolakan kaki pada papan tumpuan, dimulai dari tumit, telapak kaki diteruskan pada ujung telapak kaki.
Di udara
1.      Kedua lutut tertekuk
2.      Kedua lengan di samping kepala
3.      Saat akan mendarat kaki dan lengan diluruskan ke depan bersamaan berat badan di bawa ke depan
Mendarat
1.      Mendarat pada bak lompat diawali dengan kedua tumit kaki dan kedua kaki agak rapat.
2.      Lutut tertekuk dan mengeper dalam posisi jongkok bersamaan berat badan di bawa ke depan.   Ke dua lengan di depan menyentuh tempat pendaratan serta pandangan ke depan.

B.     Lompat Jauh Gaya Menggantung (Gaya Schnepper)
Dalam penggunaan teknik lompat jauh yang sebenarnya, perbedaannya terletak pada teknik saat di udara, baik lompat jauh gaya jongkok maupun gaya menggantung.
Awalan
1.       Lari secepat-cepatnya.
2.      Tidak mengubah kecepatan dan langkah saat akan bertumpu pada papan tumpuan.
Tolakan
1.      Saat kaki tumpu menolak pada papan tumpuan, posisi badan lebih ditegakkan.
2.      Urutan tumpuan kaki menolak pada papan tumpuan, mulai dari tumit, telapak kaki diteruskan pada ujung telapak kaki.
3.      Gerak mengayun kaki belakang ke depan atas bersamaan dengan kedua lengan
Sikap di Udara
1.       Badan melenting ke belakang
2.       Kedua lengan lurus ke atas di samping telinga.
3.      Kedua kaki hampir rapat di belakang badan.
Mendarat
1.      Dari sikap di udara, kedua lengan luruskan ke depan.
2.      Kedua lutut dan badan dibawa ke depan
3.      Saat kedua kaki akan menyentuh tempat pendaratan, luruskan ke depan dan mendarat dengan kedua tumit terlebih dahulu.
4.      Saat kedua kaki mendarat kedua lutut mengepet dan berat badan dibawa kedepan.
C.    Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara (Walking in the Air)
           Ancang-ancang
1.      Tergantung tingkat prestasi, lari ancang-ancang beragam antara 10 lengkah (untuk pemula) sampai 20 langkah (untuk atlet)
2.      Tambah kecepatan lari ancang-ancang sedikit –demi sedikit sampai sebelum bertolak
3.      Pinggang turun sedikit pada satu langkah akhir ancang-ancang
Tolakan
1.      Ayunkan paha kaki bebas cepat ke posisi horizontal dan pertahankan
2.       Luruskan sendi mata kaki, lutut dan pinggang pada waktu bertolak.
3.      Bertolak ke depan atas
Melayang/Berjalan di Udara
1.      Sesudah bertolak, tariklah kaki bebas ke bawah dan belakang
2.      Pada saat yang sama, tariklah kaki yang bertolak ke depan dan ke atas.
Mendarat
1.      Tariklah lengan dan tbuh ke depan-bawah. Tariklah kaki mendekati badan.
2.      Luruskan kaki dan tekuk lagi sedikit sesaat sebelum menyentuh pasir.
3.      Bila kaki telah mendarat di pasir, duduklah atas kedua kaki.

VI.  Metode Pembelajaran                                                                                                      :        
a.   Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan pengajaran kooperatif  tipe STAD
b.   Metode yang dipergunakan : Metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan penampilan.
VII.  Kegiatan Pembelajaran 
      Langkah-langkah:
Pertemuan I
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu



1
















2













































Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
a. Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
Kegiatan Pendahuluan (Pola P-A-L-T-P)
v  Berdoa dan Presensi
v  Apersepsi (menghubungkan materi pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa)
1.    Pernahkah kalian melakukan lompat jauh?
v  Menyampaikan ruang Lingkup materi lompat jauh.
v  Menyampaikan Tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa
v  Pemanasan terkait materi pembelajaran, dilakukan oleh siswa secara berkelompok. Pemanasan statis dan dinamis,  juga dilakukan dengan permainan tradisional hijau-hitam

Kegiatan Inti
a. Proses Eksplorasi
    Untuk dapat melakukan kegiatan ini dengan baik dan benar, maka :
-          Diawal pertemuan guru memberikan  informasi terkait materi pelajaran Dan siswa memahami apa yang telah disampaikan guru.
-          Guru menyuruh siswa benar-benar memperhatikan penjelasan mengenai materi yang disampaikan.
-          Guru membagi siswa menjadi 10 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 orang.
b. Proses Elaborasi
-          Siswa di masing-masing kelompok saling berdiskusi mengenai materi yang telah disampaikan guru.
-          Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti seputar materi kepada guru.
-          Guru memberikan kesempatan kepada kelompok siswa untuk mendemostrasikan ketrampilan lari jarak pendek dan guru sebagai fasilitator agar dapat mengamati siswa dalam melaksanakan pembelajaran.
-          Guru mengevalusai kegiatan pembelajaran yang dilakukan masing-masing kelompok.
c. Konfirmasi
1.      Memberikan Feedback (kebenaran ketrampilan lompat jauh serta kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran)

Siklus dapat diulang apabila masih ada siswa yang belum memenuhi kreteria ketuntasan minimal (KKM)
  • Konstruksi nilai-nilai olahraga : kerjasama, kejujuran, dan percaya diri

Kegiatan Penutup
Kegiatan Penutup (Pola P-R-E-A-L)
  • Pendinginan ( rekreasi)
  • Refleksi (kesimpulan)  Pengalaman Belajar Siswa
  • Evaluasi Umum terhadap proses dan hasil belajar siswa (pengetahuan, sikap, dan ketrampilan)
  • Apresiasi (memberikan penghargaan atas hasil kerja siswa, baik kelompok maupun individu)
Tindak Lanjut (pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan pembelajaran berikutnya)
15  menit
















60  menit

































15  menit












Pertemuan II
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu



1
















2












































Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
a. Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
Kegiatan Pendahuluan (Pola P-A-L-T-P)
v  Berdoa dan Presensi
v  Apersepsi (menghubungkan materi pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa)
1.      Pernahkah kalian melakukan lompat jauh?
v  Menyampaikan ruang Lingkup materi lompat jauh.
v  Menyampaikan Tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa
v  Pemanasan terkait materi pembelajaran, dilakukan oleh siswa secara berkelompok. Pemanasan statis dan dinamis,  juga dilakukan dengan permainan tradisional hijau-hitam

Kegiatan Inti
a. Proses Eksplorasi
    Untuk dapat melakukan kegiatan ini dengan baik dan benar, maka :
-          Diawal pertemuan guru memberikan  informasi terkait materi pelajaran Dan siswa memahami apa yang telah disampaikan guru.
-          Guru menyuruh siswa benar-benar memperhatikan penjelasan mengenai materi yang disampaikan.
-          Guru membagi siswa menjadi 10 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 orang.
b. Proses Elaborasi
-          Siswa di masing-masing kelompok saling berdiskusi mengenai materi yang telah disampaikan guru.
-          Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti seputar materi kepada guru.
-          Guru memberikan kesempatan kepada kelompok siswa untuk mendemostrasikan ketrampilan lari jarak pendek dan guru sebagai fasilitator agar dapat mengamati siswa dalam melaksanakan pembelajaran.
-          Guru mengevalusai kegiatan pembelajaran yang dilakukan masing-masing kelompok.
c. Konfirmasi
1.      Memberikan Feedback (kebenaran ketrampilan lompat jauh serta kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran)
Siklus dapat diulang apabila masih ada siswa yang belum memenuhi kreteria ketuntasan minimal (KKM)
  • Konstruksi nilai-nilai olahraga : kerjasama, kejujuran, dan percaya diri.

Kegiatan Penutup
Kegiatan Penutup (Pola P-R-E-A-L)
  • Pendinginan ( rekreasi)
  • Refleksi (kesimpulan)  Pengalaman Belajar Siswa
  • Evaluasi Umum terhadap proses dan hasil belajar siswa (pengetahuan, sikap, dan ketrampilan)
  • Apresiasi (memberikan penghargaan atas hasil kerja siswa, baik kelompok maupun individu)
Tindak Lanjut (pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan pembelajaran berikutnya)
15  menit
















60  menit

































15  menit












1.               Alat / Bahan / Sumber Belajar :
      Alat / Bahan :
      Stop watch, peluit,i, lapangan dan matras.
      Sumber :
                  1.            Buku Pendidikan Jasmani, muhajir 2006 kelas X
                  2.            LKS pendidikan jasmani,untuk kelas X A, penerbit Dwijaya Pustaka .

2.                  Penilaian
1.      Penilaian aspek kognitif (N1)
Penilain aspek kognitif dilaksanakan dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk isian sesuai dengan materi pembelajaran. Setiap pertanyaan mempunyai bobot 5, bobot penilaian aspek kognitif adalah 20. Skor maksimal 10.

Daftar pertanyaan
1.       Sebutkan  pengertian lompat jauh?
2.       Ada barapa teknik dasar lompat jauh?
Jawaban :
1.      Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat dari cabang olahraga atletik yang paling populer dan paling sering dilombakan dalam kompetisi kelas dunia, termasuk Olimpiade. Lompat jauh adalah suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.
2.      Lompat jauh gaya jongkok, lompat jauh gaya menggantung dan lompat jauh gaya melayang di udara.

                                                             Jumlah skor yang diperoleh siswa
                        Penilaian kognitif =                                                                 X 20
                                                                    Jumlah skor maksimal
2.      Penilaian aspek afektif (N2)
Penilaian aspek afektif yang dilakukan oleh guru dan siswa didasarkan pada prilaku yang ditunjukkan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar pengamatan.Skor maksimal adalah 9. Bobot penilaian afektif adalah 20.

Lembar pengamatan Aspek Afektif/prilaku siswa selama pembelajaran.
Petunjuk : Berikanlah angka 1- 3*) pada kolom sikap yang diamati, skor sesuai sikap yang ditunjuk oleh siswa selama proses pembelajaran.

No
Nama Siswa
Sikap yang Diamati
Jumlah Skor
kerjasama
kejujuran
Percaya diri
1
2
3
1
2
3
1
2
3

1











2












*) 1. Kurang               2. Cukup                     3. Baik            

                                                               Jumlah skor yang diperoleh siswa
                        Penilaian Afektif (N2)   =                                                                    X 20
                                                                        Jumlah skor maksimal

3.      Penilaian aspek psikomotor (N3)
Penilaian aspek psikomotor yang dilakukan oleh guru dan siswa didasarkan pada unjuk kerja/gerak yang ditunjukkan siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan rubik penilaian. Skor maksimal 16.  Bobot penilaian psikomotor 50.
Rubik Penilaian Aspek Psikomotor
Unjuk Kerja demonstrasi  lompat jauh
No
Nama siswa
Penilaian
Awalan
Tolakan
Sikap mendarat
1










Total


Jumlah skor maksimal : 16

            Keterangan :    Awalan                        4
                                    Tolakan                       8
            Sikap mendarat           4
            Total               16

Jumlah skor yang diperoleh siswa
Penilaian psikomotor  (N3) =                                                               X 60
                        Jumlah skor maksimal

Nilai Akhir yang diperoleh siswa :
Kognitif (N1) + Afektif (N2) + Psikomotor (N3)
                                                                                                                          Mengetahui/Menyetujui,                       Seririt, 24 September 2015
Guru penjasorkes                                              Mahasiswa Praktek                                                                                                                                          


IB. Wahyu Permana. S.Or                            I Wayan Kusuma Jaya                           
NIP. 19780920 200312 1 005                           NIM. 1216011163

Mengetahui/Menyetujui,                                  Mengetahui/Menyetujui,
Dosen Pembimbing                                          Kepala SMK N 1 Seririt
           


I Made Satyawan, S.Pd, M.Pd                        Nyoman Ardika. S.Pd. M.Pd                   
NIP. 198206062008212002                               NIP.19620925 198401 1 001


0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Popular Posts

Recent Posts

SEMOGA BERMANFAAT BUAT PEMBACA

Text Widget