RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Seririt
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Kelas/Semester : X / I (Ganjil)
Materi Pokok : Lompat Jauh
Waktu : 4 x 45 menit.(2 x
pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
Mempraktikkan berbagai
keterampilan permaianan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya.
II.
Kompetensi
Dasar
Memperhatikan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan
yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai semangat dan
percaya diri.
III.
Indikator
1.
Melakukan teknik
lompat jauh gaya jongkok
2.
Melakukan teknik
lompat jauh gaya menggantung.
3. Melakukan teknik lompat jauh gaya berjalan di
udara.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat
melakukan teknik lompat jauh gaya jongkok
2.
Siswa dapat
melakukan teknik lompat jauh gaya menggantung.
3.
Siswa dapat
melakukan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara.
V.
Materi
Pembelajaran
A.
Lompat Jauh Gaya Jongkok (Gaya
Orthodok)
Awalan
1.
Berfungsi untuk mendapatkan kecepatan pada waktu akan
melompat.
2.
Dilakukan dengan lari secepat-cepatnya dari jarak 40-45
m pada sebuah lintasan.
3.
Tidak diperkenankan untuk merubah kecepatan dan langkah
saat akan menolak pada papan tumpuan.
Tolakan
1.
Merupakan upaya pelompat melakukan tolakan pada papan
tumpuan menggunakan kaki yang terkuat dengan mengubah kecepatan horizontal ke
kecepatan vertikal.
2.
Saat kaki melakukan tolakan, posisi badan lebih
ditegakkan, dan kaki belakang serta kedua lengan diayunkan ke depan atas.
3.
Urutan tolakan kaki pada papan tumpuan, dimulai dari
tumit, telapak kaki diteruskan pada ujung telapak kaki.
Di udara
1.
Kedua lutut tertekuk
2.
Kedua lengan di samping kepala
3.
Saat akan mendarat kaki dan lengan diluruskan ke depan
bersamaan berat badan di bawa ke depan
Mendarat
1.
Mendarat pada bak lompat diawali dengan kedua tumit
kaki dan kedua kaki agak rapat.
2.
Lutut tertekuk dan mengeper dalam posisi jongkok
bersamaan berat badan di bawa ke depan. Ke dua lengan di depan
menyentuh tempat pendaratan serta pandangan ke depan.
B. Lompat Jauh Gaya Menggantung
(Gaya Schnepper)
Dalam penggunaan teknik
lompat jauh yang sebenarnya, perbedaannya terletak pada teknik saat di udara,
baik lompat jauh gaya jongkok maupun gaya menggantung.
Awalan
1.
Lari
secepat-cepatnya.
2.
Tidak mengubah kecepatan dan langkah saat akan bertumpu
pada papan tumpuan.
Tolakan
1.
Saat kaki tumpu menolak pada papan tumpuan, posisi
badan lebih ditegakkan.
2.
Urutan tumpuan kaki menolak pada papan tumpuan, mulai
dari tumit, telapak kaki diteruskan pada ujung telapak kaki.
3.
Gerak mengayun kaki belakang ke depan atas bersamaan
dengan kedua lengan
Sikap di Udara
1.
Badan
melenting ke belakang
2.
Kedua
lengan lurus ke atas di samping telinga.
3.
Kedua kaki hampir rapat di belakang badan.
Mendarat
1.
Dari sikap di udara, kedua lengan luruskan ke depan.
2.
Kedua lutut dan badan dibawa ke depan
3.
Saat kedua kaki akan menyentuh tempat pendaratan,
luruskan ke depan dan mendarat dengan kedua tumit terlebih dahulu.
4.
Saat kedua kaki mendarat kedua lutut mengepet dan berat
badan dibawa kedepan.
C. Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara (Walking in the Air)
Ancang-ancang
1.
Tergantung tingkat prestasi, lari ancang-ancang beragam
antara 10 lengkah (untuk pemula) sampai 20 langkah (untuk atlet)
2.
Tambah kecepatan lari ancang-ancang sedikit –demi
sedikit sampai sebelum bertolak
3.
Pinggang turun sedikit pada satu langkah akhir
ancang-ancang
Tolakan
1.
Ayunkan paha kaki bebas cepat ke posisi horizontal dan
pertahankan
2.
Luruskan
sendi mata kaki, lutut dan pinggang pada waktu bertolak.
3.
Bertolak ke depan atas
Melayang/Berjalan di Udara
1.
Sesudah bertolak, tariklah kaki bebas ke bawah dan
belakang
2.
Pada saat yang sama, tariklah kaki yang bertolak ke
depan dan ke atas.
Mendarat
1.
Tariklah lengan dan tbuh ke depan-bawah. Tariklah kaki
mendekati badan.
2.
Luruskan kaki dan tekuk lagi sedikit sesaat sebelum
menyentuh pasir.
3.
Bila kaki telah mendarat di pasir, duduklah atas kedua
kaki.
VI. Metode Pembelajaran :
a. Pendekatan
pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan pengajaran kooperatif tipe STAD
b. Metode
yang dipergunakan : Metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan penampilan.
VII. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah:
Pertemuan I
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
|
|
1
2
|
Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
a. Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
Kegiatan
Pendahuluan (Pola P-A-L-T-P)
v Berdoa
dan Presensi
v Apersepsi (menghubungkan
materi pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa)
1.
Pernahkah kalian melakukan lompat jauh?
v Menyampaikan
ruang Lingkup materi lompat jauh.
v Menyampaikan
Tujuan pembelajaran dan memotivasi
siswa
v Pemanasan terkait
materi pembelajaran, dilakukan oleh siswa secara berkelompok. Pemanasan
statis dan dinamis, juga dilakukan
dengan permainan tradisional hijau-hitam
Kegiatan Inti
a. Proses Eksplorasi
Untuk dapat melakukan
kegiatan ini dengan baik dan benar, maka :
-
Diawal pertemuan guru
memberikan informasi terkait materi
pelajaran Dan siswa memahami apa yang telah disampaikan guru.
-
Guru menyuruh siswa benar-benar memperhatikan penjelasan mengenai
materi yang disampaikan.
-
Guru
membagi siswa menjadi 10 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 orang.
b. Proses Elaborasi
-
Siswa di masing-masing kelompok saling
berdiskusi mengenai materi yang telah disampaikan guru.
-
Siswa menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti seputar materi kepada guru.
-
Guru memberikan kesempatan kepada kelompok
siswa untuk mendemostrasikan ketrampilan
lari jarak pendek dan guru sebagai fasilitator agar dapat
mengamati siswa dalam melaksanakan pembelajaran.
-
Guru mengevalusai kegiatan pembelajaran yang
dilakukan masing-masing kelompok.
c. Konfirmasi
1.
Memberikan Feedback
(kebenaran ketrampilan lompat jauh serta
kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran)
Siklus dapat diulang apabila masih ada siswa yang
belum memenuhi kreteria ketuntasan minimal (KKM)
Kegiatan Penutup
Kegiatan
Penutup (Pola P-R-E-A-L)
Tindak Lanjut (pembiasaan dalam kehidupan
sehari-hari dan kegiatan pembelajaran berikutnya)
|
15 menit
60 menit
15 menit
|
|
|
Pertemuan II
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
|
|
1
2
|
Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
a. Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
Kegiatan
Pendahuluan (Pola P-A-L-T-P)
v Berdoa
dan Presensi
v Apersepsi (menghubungkan
materi pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa)
1. Pernahkah
kalian melakukan lompat jauh?
v Menyampaikan
ruang Lingkup materi lompat jauh.
v Menyampaikan
Tujuan pembelajaran dan memotivasi
siswa
v Pemanasan terkait
materi pembelajaran, dilakukan oleh siswa secara berkelompok. Pemanasan
statis dan dinamis, juga dilakukan
dengan permainan tradisional hijau-hitam
Kegiatan Inti
a. Proses Eksplorasi
Untuk dapat melakukan
kegiatan ini dengan baik dan benar, maka :
-
Diawal pertemuan guru
memberikan informasi terkait materi
pelajaran Dan siswa memahami apa yang telah disampaikan guru.
-
Guru menyuruh siswa benar-benar memperhatikan penjelasan mengenai
materi yang disampaikan.
-
Guru
membagi siswa menjadi 10 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 orang.
b. Proses Elaborasi
-
Siswa di masing-masing kelompok saling
berdiskusi mengenai materi yang telah disampaikan guru.
-
Siswa menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti seputar materi kepada guru.
-
Guru memberikan kesempatan kepada kelompok
siswa untuk mendemostrasikan ketrampilan
lari jarak pendek dan guru sebagai fasilitator agar dapat
mengamati siswa dalam melaksanakan pembelajaran.
-
Guru mengevalusai kegiatan pembelajaran yang
dilakukan masing-masing kelompok.
c. Konfirmasi
1. Memberikan
Feedback (kebenaran ketrampilan lompat jauh serta
kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran)
Siklus dapat diulang apabila masih ada siswa yang
belum memenuhi kreteria ketuntasan minimal (KKM)
Kegiatan Penutup
Kegiatan
Penutup (Pola P-R-E-A-L)
Tindak Lanjut (pembiasaan dalam kehidupan
sehari-hari dan kegiatan pembelajaran berikutnya)
|
15 menit
60 menit
15 menit
|
|
|
1.
Alat
/ Bahan / Sumber Belajar :
Alat / Bahan :
Stop watch, peluit,i, lapangan dan matras.
Sumber :
1.
Buku Pendidikan Jasmani, muhajir 2006 kelas X
2.
LKS pendidikan jasmani,untuk kelas X A, penerbit
Dwijaya Pustaka .
2.
Penilaian
1.
Penilaian
aspek kognitif (N1)
Penilain aspek kognitif dilaksanakan dengan cara
memberikan pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk isian sesuai dengan materi
pembelajaran. Setiap pertanyaan mempunyai bobot 5, bobot penilaian aspek
kognitif adalah 20. Skor maksimal 10.
Daftar pertanyaan
1. Sebutkan pengertian lompat jauh?
2. Ada barapa
teknik dasar lompat jauh?
Jawaban :
1. Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat dari
cabang olahraga atletik yang paling populer dan paling sering dilombakan dalam
kompetisi kelas dunia, termasuk Olimpiade. Lompat jauh adalah suatu gerakan
melompat ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di
udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan
melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.
2.
Lompat jauh gaya
jongkok, lompat jauh gaya menggantung dan lompat jauh gaya melayang di udara.
Jumlah skor yang diperoleh siswa
Penilaian
kognitif = X
20
Jumlah skor maksimal
2.
Penilaian
aspek afektif (N2)
Penilaian aspek afektif yang dilakukan oleh guru dan
siswa didasarkan pada prilaku yang ditunjukkan siswa selama proses pembelajaran
dengan menggunakan lembar pengamatan.Skor maksimal adalah 9. Bobot penilaian
afektif adalah 20.
Lembar
pengamatan Aspek Afektif/prilaku siswa selama pembelajaran.
Petunjuk : Berikanlah angka 1- 3*) pada kolom sikap
yang diamati, skor sesuai sikap yang ditunjuk oleh siswa selama proses
pembelajaran.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap yang Diamati
|
Jumlah Skor
|
||||||||
kerjasama
|
kejujuran
|
Percaya diri
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) 1. Kurang 2.
Cukup 3. Baik
Jumlah skor yang diperoleh siswa
Penilaian
Afektif (N2) = X
20
Jumlah skor maksimal
3.
Penilaian
aspek psikomotor (N3)
Penilaian aspek psikomotor yang dilakukan oleh guru
dan siswa didasarkan pada unjuk kerja/gerak yang ditunjukkan siswa selama
proses pembelajaran sesuai dengan rubik penilaian. Skor maksimal 16. Bobot penilaian psikomotor 50.
Rubik
Penilaian Aspek Psikomotor
Unjuk Kerja
demonstrasi lompat jauh
No
|
Nama
siswa
|
Penilaian
|
||
Awalan
|
Tolakan
|
Sikap
mendarat
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
||
|
Jumlah skor maksimal : 16
|
|
Keterangan
: Awalan 4
Tolakan
8
Sikap
mendarat 4
Total 16
Jumlah skor yang diperoleh siswa
Penilaian psikomotor (N3) = X 60
Jumlah
skor maksimal
Nilai Akhir
yang diperoleh siswa :
Kognitif (N1)
+ Afektif (N2) + Psikomotor (N3)
Mengetahui/Menyetujui, Seririt,
24 September 2015
Guru penjasorkes Mahasiswa
Praktek
IB. Wahyu Permana. S.Or I Wayan Kusuma Jaya
NIP. 19780920 200312 1 005 NIM. 1216011163
Mengetahui/Menyetujui, Mengetahui/Menyetujui,
Dosen Pembimbing Kepala
SMK N 1 Seririt
I Made Satyawan, S.Pd, M.Pd Nyoman Ardika. S.Pd. M.Pd
NIP. 198206062008212002 NIP.19620925 198401 1 001
0 komentar:
Post a Comment