BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di
era modern ini banyak anak-anak yang lebih memilih bermain game digadget
ketimbang bermain dengan anak-anak sebaya yang berada di lingkungan sekitarnya.
Mereka beranggapan bahwa game digadget lebih seru dibandingkan bermain di luar
rumah dengan anak-anak seusia mereka, padahal bermain gadget secara
terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan dampak buruk
bagi kesehatan tubuh, seperti dapat merusak kesehatan mata. Selain berdampak
buruk bagi kesehatan, bermain gadget juga dapat berdampak kurangnya sosialisasi
pada anak, anak cenderung lebih cuek dengan lingkungan disekitarnya, kurangnya
aktivitas gerak pada anak, dan lain sebagainya, padahal banyak aktivitas
permainan di luar ruangan yang menyenangkan. Kita juga dapat menciptakan
permainan sendiri untuk meningkatkan kreativitas kita.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Bahan apa saja yang digunakan dalam
permainan
2.
Bagaimana cara memainkan permainan
3.
Bagaimana peraturan permainan
1.3 Tujuan
1.
Untuk mengetahui bahan apa saja yang
digunakan dalam permainan
2.
Untuk mengetahui cara memainkan
permainan
3.
Untuk mengetahui peraturan permainan
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Bahan yang Diperlukan
Ada
pun bahan yang diperlukan dalam permainan ini adalah sebagai berikut :
1. 4 buah balon yang sudah berisi udara
2. 4 buah kelereng kecil
3. 4
buah sendok
4. 4 buah piring
5. 28 buah karet cacing
6. 2 kg tepung
7. 1 Kotak hadiah
2.2
Cara Bermain
Permainan ini
terdiri dari 3 rintangan. Pertama-tama di dalam permainan terdiri dari 4 tim
yang dimana pemainnya setiap kelompok 7 orang atau di sesuaikan dengan jumlah
orang yang mengikuti permainan ini, permainan ini membutuhkan kekompakan dan
konsentrasi tim. Dari setiap anggota kelompok harus berbaris memanjang
kebelakang. Pertama – tama orang yang berbaris no 1 dan 2 berlari ke rintangan
1, kemudian mengambil balon yang sudah disediakan dan berlari membawa balon
tersebut dengan menjepit balon diantara kedua perut pemainnya hingga sampai di
rintangan 2. Pemain no 1 diam di rintangan 2, dan pemain no 2 kembali berlari
ke rintangan 1 dengan membawa balon tersebut, setelah pemain no 2 sampai di
rintangan 1 maka pemain no 3 berlari ke rintangan 1 dan menjepit balon tersebut
di antara perut dengan pemain no 2 dan berlari ke rintangan ke 2 seperti
dilakukan oleh pemain no 1 dan 2, dan dilakukan berulang – ulang sampai pemain
no 6 dan 7 membawa balon tersebut ke rintangan ke 2. Jika semua pemain sudah
berada di rintangan ke 2 maka balon tersebut baru bisa dipecahkan dengan
menekan balon tersebut menggunakan kedua perut pemain 6 dan 7 dan mengambil
kelereng yang ada di dalam balon tersebut supaya bisa melanjutkan ke rintangan
berikutnya dengan berbaris rapi seperti start awal.
Untuk rintangan
berikutnya, pemain pertama mengambil sendok yang ada di rintangan 2 yang sudag
disediakan, kemudian menaruh kelereng tersebut di atas sendok dan menggendong
pemain no 2, kemudian berlari atau berjalan menuju ke rintangan 3. Setelah
sampai di rintangan ke 3, pemain yang digendong tadi / no 2 berlari kembali ke
rintangan 2 dengan membawa kelereng dan sendok tersebut dengan tangan dan
menggendong pemain no 3 kembali ke rintangan 3 seperti yang dilakukan pemain no
1 dan 2, dan dilakukan berulang – ulang. Sedangkan pemain no 1 boleh
melanjutkan ke rintangan berikutnya dengan mengambil 1 buah karet di dalam
tepung dengan mulut dan berlari dengan membawa karet tersebut dengan mulut
menuju ke finish dan dilakukan sampai semua pemain dapat mengambil karet
tersebut. Anggota kelompok yang paling awal sudah semua sampai di finish dengan
mengambil karet dengan mulut akan menjadi pemenang dalam permainan ini.
2.3 Peraturan Permainan
Dalam
permainan ini terdapat aturan bermainnya, yaitu sebagai berikut :
1. Bagi
yang melanggar mendapat sanksi dari panitia
2. Pemain
tidak boleh mencuri start
3. Pemain
harus bermain dengan sportif
dan jujur
4. Jumlah
pemain harus merata atau seimbang
2.4 Tujuan Permainan
Ada
pun tujuan dari dibuatnya permainan ini yaitu sebagai berikut :
1. Untuk
melatih kerjasama antar anggota tim
2. Untuk
melatih konsentrasi anggota
tim
3. Untuk
melatih komunikasi antar anggota
tim
4. Untuk
melatih kekompakan antar anggota tim
5. Untuk meningkatan kekuatan otot kaki anggota tim
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Tidak selamanya permainan yang canggih dan mahal itu menyenangkan,
terkadang terlalu lama diam di depan alat elektronik itu dapat mengganggu
kesehatan mata dan gangguan
pada mental anak. Boleh saja bermain di depan gadget
asalkan jangan terlalu lama
dan lebih mengutamakan pendidikan.
3.2 Saran
Mulai dari sekarang marilah kita
menumbuhkan kreativitas dengan membuat permainan kita sendiri karena selain
menumbuhkan kreativitas dan
mengembangkan pemikiran kita juga dapat menambah wawasan,
memperluas pertemanan, melatih
konsentrasi, melatih kerjasama, melatih kekompakkan, meningkatkan kekuatan otot kaki, melatih
aktivitas gerak, dan lain sebagainya.
0 komentar:
Post a Comment