Wednesday 20 May 2015

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Dewasa ini, banyak orang yang kesulitan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan rumus-rumus, terutama rumus fisika. Tetapi jika kita mempelajarinya, hal tersebut tidak begitu sulit karena tanpa kita sadari rumus-rumus tersebut bisa diterapkan dalam kegiatan kita sehari-hari. Disini dalam olahraga juga menggunakan hal demikian, tetapi kita menyebutnya dengan biomekanika. Disana ada pembahasan mengenai momentum dan impuls, dimana kedua hal tersebut sangat berpengaruh dalam olahraga. Dan kedua hal tersebut memiliki hubungan sebab-akibat.
Mengingat betapa pentingnya biomekanika dalam olahraga, maka dari itu sebagai orang olahraga harus mempelajari tentang biomekanika, disini akan dibahas lebih lanjut mengenai momentum, impuls dan hubungan antara keduanya.

1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian sebagaimana dikemukakan di atas, maka makalah ini bermaksud mengkaji masalah diantaranya sebagai berikut:
1.    Apa pengertian momentum?
2.    Apa pengertian impuls?
3.    Bagaimana hubungan momentum dan impuls?

1.3    Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka dapat di uraikan tujuan di antaranya sebagai berikut:
1.    Untuk mengetahui pengertian momentum.
2.    Untuk mengetahui pengertian impuls.
3.    Untuk mengetahui hubungan momentum dan impuls.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Momentum
Momentum adalah besarnya gaya dorong dari suatu benda, momentum juga dikatakan sebagai kekuatan gerak. Jadi momentum dari suatu benda itu bisa kita peroleh jika benda tersebut bergerak dengan suatu kecepatan.
Dalam olahraga contoh dari momentum bisa kita lihat gerakan seorang petinju ketika memukul, disana gerakan petinju harus cepat. Karena kecepatan pukulan tersebut tidak hanya bergantung dari kecepatannya saja, tetapi massa dari kepalan tangan seorang petinju juga berpengaruh disana. Dari sini dapat disimpulkan bahwa massa dari glove dan kepalan tangan serta kecepatan menentukan besarnya gerak. Benda yang memiliki massa lebih besar mempunyai momentum yang lebih besar pula dibandingkan benda yang memiliki massa lebih kecil.
M x v disebut jumlah gerak atau momentum gerak atau kekuatan gerak
 
 



            Dari gerakan pukulan petinju itu, akan lebih keras pukulan yang dihasilkan jika menggunakan berat bedannya untuk membantu menimbulkan momentum. Tidak hanya petinju, tetapi di bidang olahraga tenis lapangan juga menggunakan momentum, tetapi momentum yang dihasilkan oleh raket tenis lapangan akan lebih besar dibandingkan raket bulutangkis. Begitu juga dalam bidang beladiri yaitu silat, dimana tendangan yang dilakukan akan menghasilkan momentum karena ketika tungkai seorang pesilat menendang sasaran terdapat momentum yang ditransfer dari tungkai kearah sasaran. Semakin keras tendangan yang dilakukan oleh pesilat maka besar momentum akan semakin besar, tetapi semakin kecil tendangan yang dilakukan maka momentum akan semakin kecil.
            Momentum tidak timbul begitu saja, yang menyebabkan adanya momentum yaitu kekuatan (K) dan besarnya momentum tidak hanya timbul dari K saja tetapi semakin lama kita mengerahkan K makin besar momentum yang ditimbulkan. Jadi besarnya K dan lamanya kekuatan (t) menentukan besarnya momentum.
2.2  Impuls
Impuls biasa disebut dengan hasil kali gaya dengan selang waktu singkat bekerjanya gaya terhadap benda yang menyebabkan perubahan momentum. Impuls adalah peristiwa gaya yang bekerja pada benda dalam waktu hanya sesaat atau impuls merupakan peristiwa bekerjanya gaya dalam waktu yang sangat singkat.
Dalam olahraga kita ambil contoh yaitu seorang pesilat yang melakukan tendangan secepat-cepatnya dimana hasil dari tendangan pesilat pada sasaran yang diberikan gaya dengan waktu sesingkat mungkin disebut impuls. Dimana besarnya kekuatan (K) dikali lamanyan kekuatan (t) merupakan suatu pengerahan kekuatan atau kejutan kekuatan atau momentum kekuatan atau impuls.

2.3  Hubungan Momentum dan Impuls
Momentum dan impuls memiliki hubungan yang sangat erat, dimana telah dijelaskan bahwa impuls dan momentum merupakan hubungan sebab-akibat. Dimana seperti yang dijelaskan K x t adalah yang menyebabkan, sedangkan m x v adalah akibat yang ditimbulkan, dimana sebab dan akibat selalu sama besarnya. Jadi impuls dan momentum tidak bisa dipisahkan dan jika momentum kecil maka impuls pun kecil dan sebaliknya, jika momentum besar makan impuls akan besar juga.
Sebagai contoh peluru yang meledak mengerahkan kekuatan/gayanya. Gaya yang bekerja pada pistol, pengerahannya dilakukan sepanjang larasnya. Karena larasnya pendek, waktu (t) yang dikerahkan juga pendek. Sedangkan senjata api yang larasnya panjang, dengan sendirinya t-nya juga akan besar sehingga impulsnya besar.
Demikian pula sebagai contoh lainnya yaitu, seorang atlet tolak peluru atau seorang pitcher bila tolakan atau ayunan lengannya panjang. Pengerahan kekuatannya lebih lama sehingga impulsnya lebih besar. Impuls yang besar mengakibatkan momentum yang dihasilkan juga besar.



BAB III
PENUTUP

3.1  KESIMPULAN
Dari uraian pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa momentum adalah besarnya gaya dorong dari suatu benda, momentum juga dikatakan sebagai kekuatan gerak sedangkan impuls adalah peristiwa gaya yang bekerja pada benda dalam waktu hanya sesaat atau impuls merupakan peristiwa bekerjanya gaya dalam waktu yang sangat singkat.
Momentum dan impuls memiliki hubungan yang sangat erat, dimana telah dijelaskan bahwa impuls dan momentum merupakan hubungan sebab-akibat. Dimana seperti yang dijelaskan K x t adalah yang menyebabkan, sedangkan m x v adalah akibat yang ditimbulkan, dimana sebab dan akibat selalu sama besarnya.

3.2  SARAN
Dari penjelasan diatas, penulis menyarankan kepada pembaca agar dapat memahami tentang biomekanika terutama momentum dan impuls serta memudahkan kedepannya terutama di bidang olahraga khususnya biomekanika yaitu momentum dan impuls.

1 comment:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN PT. Kereta Api Indonesia (Persero)

    ReplyDelete

Sample Text

Popular Posts

Recent Posts

SEMOGA BERMANFAAT BUAT PEMBACA

Text Widget